Praktik Pengalaman Lapangan

A. Pengertian

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan belajar mahasiswa yang dilakukan di lapangan untuk mengintegrasikan pengetahuan teoritis yang diperoleh di kampus dengan pengalaman praktik di lapangan sehingga target khusus yang merupakan target kompetensi program studi dapat tercapai. Kegiatan tersebut meliputi pembelajaran dan pengelolaan administrasi di sekolah/madrasah latihan.

Praktik pembelajaran adalah latihan melaksanakan kegiatan pembelajaran oleh mahasiswa di dalam kelas, mulai dari membuat perencanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan dan penilaian. Sedangkan praktik pengelolaan administrasi adalah latihan melaksanakan tugas-tugas administrasi, bimbingan dan lain-lain. Dalam melaksanakan tugas-tugas PPL ini mahasiswa dipandu oleh pihak sekolah/madrasah (kepala sekolah/madrasah, waka kurikulum, kepala TU dan guru pamong), dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

B. Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai dalam PPL ini sebagai berikut :

  1. Membimbing mahasiswa ke arah terbentuknya pribadi yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlukan dalam pembentukan profesi Guru Pendidikan Agama Islam, Guru Bahasa Arab, Tenaga Kependidikan Islam, Guru Bahasa Inggris, Guru Matematika, Guru Fisika, Guru Biologi dan Guru Kimia.
  2. Melatih dan meningkatkan kompetensi keguruan mahasiswa agar dapat terampil melaksanakan tugas-tugas kependidikan baik yang bersifat edukatif, administratif maupun layanan bimbingan keagamaan dan kesiswaan.
  3. Memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk dapat memahami keberadaan lembaga pendidikan dengan segala permasalahannya baik yang berhubungan dengan proses pembelajaran maupun pengelolaan sekolah secara umum.
  4. Menjalin dan meningkatkan hubungan kerjasama kelembagaan antara Fakultas Tarbiyah dengan sekolah/ madrasah latihan.

C. Manfaat

  1. Bagi Mahasiswa :
    1. Memperdalam pemahaman mahasiswa tentang proses pendidikan di sekolah/madrasah dengan segala permasalahannya.
    2. Memberikan pengalaman lapangan kepada mahasiswa tentang proses pembelajaran dan kegiatan administrasi sekolah/madrasah.
  2. Bagi Sekolah/Madrasah Latihan :
    1. Memperoleh kesempatan untuk berperan serta menyiapkan dan membentuk calon guru/calon tenaga kependidikan Islam yang kompeten.
    2. Memperoleh bantuan tenaga, ilmu dan pemikiran untuk pengembangan sekolah/madrasah.
  3. Bagi Fakultas Tarbiyah :
    1. Memperoleh umpan balik (feed back) dari pengalaman mahasiswa praktikan terhadap perkembangan kependidikan di lapangan bagi penyesuaian dan pengembangan program akademik Fakultas Tarbiyah.
    2. Meningkatkan kerjasama dengan sekolah/madrasah latihan untuk pengembangan Tri Darma Perguruan Tinggi.

D. Status

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini merupakan program akademik Fakultas Tarbiyah yang wajib diikuti oleh mahasiswa dari semua program, dengan bobot 4 SKS.

E. Ruang Lingkup Kegiatan

Ruang lingkup (rangkaian) dalam kegiatan PPL ini terdiri dari :

  1. Pembekalan PPL (coaching)
  2. Praktik Micro Teaching
  3. Pelaksanaan PPL, meliputi :
    1. Kegiatan orientasi dan observasi di sekolah/madrasah latihan
    2. Kegiatan observasi pembelajaran model
    3. Kegiatan praktik pembelajaran di kelas
    4. Kegiatan administrasi sekolah/madrasah dan bimbingan siswa
    5. Kegiatan penyusunan laporan

F. Pengelolaan

  1. Prinsip Pengelolaan

    Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan dengan prinsip :

    1. Terbimbing, artinya mahasiswa praktikan dalam melaksankan tugas-tugasnya dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), guru pamong dan kepala sekolah/madrasah.
    2. Terkonsentrasi, artinya mahasiswa praktikan harus betul-betul terfokus pada kegiatan PPL. Oleh karena itu, mahasiswa yang melaksanakan PPL tidak diperkenankan mengambil mata kuliah pada pagi hari.
    3. Terpadu, artinya seluruh kegiatan PPL merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari program akademik lainnya dan saling menunjang.
    4. Terarah, artinya semua kegiatan dan tugas-tugas PPL diarahkan untuk pencapaian tujuan dan kompetensi mahasiswa secara menyeluruh.
  2. Pengorganisasian Peserta PPL

    Untuk memudahkan pengaturan dan pelaksanaan tugas serta pengawasan, maka mahasiswa praktikan dibagi ke dalam kelompok-kelompok tertentu yang terdiri dari berbagai juruan/ prodi yang ada di lingkungan Fakultas Tarbiyah. Masing-masing kelompok dikordinir oleh ketua kelompok (mahasiswa) dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan guru pamong.

  3. Mekanisme Pengelolaan

    PPL ini akan berhasil apabila perencanannya dan pelaksanaannya dilakukan dengan kerjasama antara semua pihak yang terkait, yaitu pihak Fakultas Tarbiyah (panitia pelaksana, dosen pembimbing, dan mahasiswa) dan pihak sekolah/madrasah latihan (kepala sekolah/madrasah, guru pamong, guru, dan karyawan/ti). Selama mahasiswa praktikan mengikuti kegiatan orientasi kampus, tanggung jawab dan wewenang masih berada di pihak Fakultas, tetapi selama mahasiswa praktikan berada di Sekolah/madrasah Latihan tanggung jawab dan wewenang berada di pihak sekolah/madrasah latihan.

Print Friendly

Tautan Terkait